Nama : Larisya Silvy Andari
NPM : 53417275
Kelas : 2IA01
Pendidikan sangat penting. Dengan Pendidikan, akan terbentuklah suatu kepribadian yang berkualitas dan berintelektual. Tidak ada batasan usia untuk mendapatkan pendidikan. Sejak usia dini, seorang anak berhak mendapatkan pendidikan, baik dari bimbingan orang tua maupun dari bimbingan orang lain. Dengan pendidikan usia dini, anak akan dibimbing untuk meningkatkan perkembangan intelektual, sosial, emosi, bahasa serta fisik anak.
Banyak metode dan cara untuk memberikan pendidikan pada anak sejak usia dini. Salah satunya dengan menggunakan metode belajar e learning.
Melalui tugas mata kuliah pengenalan teknologi internet dan new media, kelompok kami yaitu kelompok 4 membuat sebuah konsep aplikasi e leraning yang bernama Dunia Hewan.
Yang mana, saya dan kelompok saya saling bekerjasama untuk membuat sebuah aplikasi e learning yang memungkinkan anak dengan target usia 3 – 5 tahun untuk belajar sambil bermain dan mengenal berbagai macam hewan. Tidak hanya mengenal nama hewan, kami juga memberikan pembelajaran mengeja nama hewan, sehingga diharapkan selain anak mengenal bentuk fisik dan suara hewan, anak juga dapat belajar mengenal huruf, mengeja dan dapat membaca nama hewan.
Pada pembuatan serta perancangan aplikasi ini, saya berkontribusi dalam membuat beberapa kuis untuk menguji pemahaman anak mengenai materi yang telah diajarkan sebelumnya.
Berikut tampilannya.
Pada pembuatan serta perancangan aplikasi ini, saya berkontribusi dalam membuat beberapa kuis untuk menguji pemahaman anak mengenai materi yang telah diajarkan sebelumnya.
Berikut tampilannya.
| KUIS MELENGKAPI NAMA HEWAN |
Pada kuis ini, akan diberikan sebuah kata, yang merupakan nama hewan yang sudah dipelajari sebelumnya, dimana salah satu hurufnya hilang dan pengguna diminta untuk melengkapi kata yang hilang tersebut dengan memilih huruf yang sudah disediakan. Ketika huruf yang dipilih benar, maka huruf tersebut akan langsung berpindah ke kotak yang hurufnya hilang pada soal.
Berikut tampilannya.
![]() |
| Tampilan ketika jawaban benar |
| KUIS PUZZLE |
Setelah semua potongan gambar tersusun, maka akan terbentuklah suatu gambar hewan yang utuh. Seperti berikut ini.
![]() |
Dengan kedua fitur tersebut, diharapkan pengguna dapat mengetahui serta mempelajari huruf huruf pembentuk nama hewan dan dapat mengenal bentuk bentuk hewan yang sudah dipelajari, agar pengetahuan umum anak bertambah.
Ketika menggunakan aplikasi ini, saya juga berperan sebagai pengisi suara dalam aplikasi ini, yang mana menurut saya ini juga merupakan salah satu fitur penting yang sengaja diberikan untuk target usia pengguna.
Ketika menggunakan aplikasi ini, saya juga berperan sebagai pengisi suara dalam aplikasi ini, yang mana menurut saya ini juga merupakan salah satu fitur penting yang sengaja diberikan untuk target usia pengguna.
Kenapa? Karena, usia target pengguna adalah anak usia 3 – 5 tahun, tentu tidak akan setiap saat, ketika menggunakan aplikasi ini di dampingi oleh orang tua. Maka dari itu, dengan fitur ini, anak yang belum bisa membaca dapat mengikuti arahan dengan menggunakan fitur ini. Seperti memberikan petunjuk penggunaan, menuntun anak untuk mengeja serta memberikan semangat kepada anak ketika menggunakan aplikasi tersebut lewat suara yang bersemangat, sehingga ber efek kepada semangat pengguna juga. Dengan fitur ini, diharapkan pengguna kami dapat menggunakan aplikasi dengan mudah, dan dapat menambah wawasan tentang dunia hewan.
Jika ingin mencoba, teman teman dapat mendownloadnya disini.
Jika ingin mencoba, teman teman dapat mendownloadnya disini.
Referensi :



Comments
Post a Comment