Skip to main content

Perusahaan Bisnis Informatika


PT. Tokopedia

  

Tokopedia adalah salah satu marketplace terkemuka diindonesia. Yang dimaksud dengan marketplace itu adalah sebuah tempat atau platform yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Kata lainnya, tokopedia merupakan pihak ketiga, yang menyediakan tempat untuk melakukan transaksi penjualan dan fasilitas pembayaran.

Tokopedia dimulai dengan sebuah pemikiran  'Urbanisasi yang tinggi diindonesia'. Maksudnya, negara Indonesia yang merupakan negara berkepulauan dengan lebih dari 17 ribu pulau memiliki kesulitan perkembangan infrastruktur yang secara merata. Yang menjadikan setiap tahunnya para penjual berpindah ke kota-kota besar dengan mengharapkan pasar yang lebih baik. Disinilah yang dimaksud dengan tingginya urbanisasi, karena barang barang kebutuhan terkumpul di kota-kota besar.  Pendiri Tokopedia – William Tanuwijaya dan Leotinus Alpha Edison ingin menghentikan permasalahan untuk memperpendek jurang pemisah antara kota besar dengan kota kecil dengan meluncurkan Tokopedia pada 17 Agustus 2009 dengan misi pemerataan ekonomi secara digital.

Terdapat 3 DNA Tokopedia yaitu :

  • Focus On Customer
  • Growth Mindset
  • Make it Happen, Make it Better

Ketiga DNA tersebut memandu Tokopedia dalam pengambilan keputusan, menciptakan strategi bisnis dan dengan nilai-nilai ini  untuk mencapai misi dari Tokopedia sendiri.

PT Tokopedia berspesialisasi dalam Internet, E-commerce, Marketplace, Customer to Customer Business, Technology. Ukuran perusahaan dapat menampung 1001 - 5000 karyawan dengan total seluruh karyawan saat ini adalah 4.442 karyawan. Dan kantor berpusat Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Perputaran pendanaan pada Tokopedia telah terjadi sebanyak 10 kali sejak pendiriannya dan perputaran terakhir di 22 Juni 2020 sebanyak USD 500.000.000,00

Para Pemimpin dibalik Tokopedia


William Tanuwijaya - Founder & CEO Tokopedia.com



Leontinus Alpha Edison - Vice Chairman / Co Founder Tokopedia.com



Melissa Siska Jumianto - COO Tokopedia



Patrick Cao - President Tokopedia





Pertumbuhan Tokopedia di setiap tahunnya  :



2009 

Tokopedia Memulai bisnis C2C marketplace


2014 

Menjadi perusahaan Indonesia pertama di portofolio Softbank dan Sequoia

Meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor e-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc.

 

2015

Mempelopori instant delivery dengan perusahaan transportasi online

 

2016

Mulai memasuki bisnis Produk digital dan Fintech. Produk fintech Tokopedia terdiri dari dompet digital, investasi terjangkau, kredit modal bisnis, kartu kredit virtual, produk proteksi, skoring kredit berdasarkan data untuk produk pinjaman, investasi, serta layanan keuangan lainnya

Tokopedia terpilih sebagai Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016

 

2017

Mendapatkan pendanaan $1,1 Miliar dari Alibaba Group


2018

Putaran pendanaan baru sebesar $1,1 Miliar dari Softbank Vision Fund dan Alibaba Group.

Memuncaki Apple Store dan juga berhasil menjadi #3 Top Chart di Google Play.

Tokopedia terpilih sebagai aplikasi terbaik pilihan masyarakat di Google Play.

 

2019

Mengakusisi Bridestory dan Parentstory

 

Kesimpulan  :


    Perusahaan PT. Tokopedia yang berdiri di tahun 2009 menyediakan platform dengan nama Tokopedia yang merupakan sebuah marketplace yang menyediakan tempat untuk transaksi antara jual dan beli. Dan dalam 10 tahun terakhir, telah mendorong pemerataan ekonomi digital dengan memotivasi masyarakat Indonesia untuk mulai berjualan secara online. Inisiatif ini dilakukan dengan membangun platform yang memungkinkan setiap orang dapat memulai dan menemukan apa pun, di mana pun.

Sumber : 

Comments

Popular posts from this blog

FASILITAS TIK PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GUNADARMA

Perpustakaan Universitas Gunadarma Perkembangan teknologi sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Teknologi yang semakin mutakhir, mendorong manusia mau tidak mau menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Tak terkecuali dengan institusi perguruan tinggi. Salah satu yang terkena dampaknya adalah perpustakaan perguruan tinggi, khususnya perpustakaan Universitas Gunadarma. Saat ini, perpustakaan universitas gunadarma tidak dapat dijelaskan hanya sebagai tempat penyimpanan kumpulan informasi berupa buku, namun perpustakaan guandarma telah berkembang menjadi perpustakaan modern. Yang memanfaatkan teknologi sebagai jembatan memudahkan layanan dalam menelusuri informasi secara efektif dan efisien ,tepat dan cepat. Dilansir dari UG Library, Gunadarma telah mengembangkan perpustakaan berbasis audio visual dengan menyesuaikan kemajuan teknologi komunikasi. Dan dengan adanya fasilitas lainnya, dapat dimanfaatkan guna men...

Optimasi Query - part.2

1. Menurut anda apakah penting melakukan optimasi query dalam manajemen database ? Menurut saya optimasi query dalam memanajemen database sangat penting, karena dengan adanya optimasi query  suatu proses akan terencana dengan akses yang efisiensi nya tinggi dalam sebuah database. serta Optimisasi query mencoba memberikan suatu pemecahan untuk menangani masalah tersebut dengan cara menggabungkan sejumlah besar teknik-teknik dan strategi, yang meliputi transformasi-transformasi logika dari query-query untuk mengoptimisasi jalan akses dan penyimpanan data pada sistem file 2. Ringkasan materi Database Tuning adalah  aktifitas yang dilakukan agar memperbaiki serta meningkatkan kinerja sebuah database. Aktifitas tuning merangkup banyak aspek dari perangkat lunak sampai dengan perangkat keras, antara lain I/O Tuning, DBMS Tuning, Query Tuning, dan Database Maintenance. Dimana masing-masing memiliki tekniknya sendiri-sendiri, dan membutuhkan skill yang mumpuni, ...